penyakit rematik, pencegahan dan penyembuhannya

Penyakit rematik adalah peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun.dengan tiga keluhan utama, yaitu nyeri, kaku, dan kelemahan sendi , penyakit ini menyerang sendi dan struktur jaringan penunjang di sekitar sendi sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri. dalam tingkat yang parah, rematik bahkan dapat menimbulkan kecacatan tetap, ketidakmampuan dan penurunan kualitas hidup. Dan pada umumnya penderita tidak menghiraukan gejala-gejala yang ada. Mereka juga menunda melakukan konsultasi ke dokter lebih awal. Padahal bagi penderita rematik, pengobatan cepat sebagai kehdarusan untuk mencegah bahaya penyakit rematik tersebut.Penyakit rematik juga dapat berkembang lebih cepat bagi para wanita.


Rematik terdiri dari 150-an jenis tetapi yang umum di jumpai ada 4 yaitu:

  • Osteoarthritis yang disebabkan oleh pengapuran
  • Rematik luar sendi yang menyerang jaringan di luar tulang rawan
  • Rematik peradangan
  • Rematik yang disebabkan oleh pengoroposan  
Gejala penyakit rematik
Beberapa gejala penyakit rematik
  • Pembengkakan dan nyeri sendi. Sendi yang mengalami pembengkakan dan nyeri biasanya terasa hangat dan lembek bila disentuh.
  • Benjolan.Peradangan pembuluh darah kecil dapat menyebabkan nodul atau benjolan di bawah kulit yang berukuran sebesar kacang hijau atau sedikit lebih besar dan seringkali terletak di dekat persendian.
  • Penumpukan cairan. Cairan dapat terakumulasi terutama di pergelangan kaki.
  • Gejala seperti flu. Kelelahan, penurunan berat badan, dan demam dapat menyertai awal penyakit rematik. Beberapa orang merasakannya seperti gejala pilek atau flu. Bedanya, gejala rematik bisa berlangsung selama bertahun-tahun.
  • Kekakuan pada dan seputar sendi yang berlangsung sekitar 30-60 menit di pagi hari.
Pencegahan penyakit rematik

  • Melakukan olahraga kecil seperti berjalan kaki tanpa alas kaki, atau pada taman di sekitar perumahan anda yang menyediakan tempat untuk berolahraga biasanya pada taman tersedia jalan setapak berkerikil untuk olaharaga para manula, orang penderita stroke, asam urat dan rematik. Lakukan olahraga ringan tersebut minimal 30 menit 2-3 kali seminggu, guna membantu mengembalikan fungsi dari kerja otot pada kaki, tulang persendian pada seluruh bagian kaki, membakar lemak dan kadar asam urat berlebih pada darah, dan memperlancar sirkulasi darah.
  •  mengkonsumsi susu keledai.
  • memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran seperti Alpukat,Strawbery,Apel.
Pengobatan penyakit rematik 
Hasil penelitian menunjukkan: ekstrak kulit manggis mempunyai aktivitas melawan selkanker meliputi breast, rematik. Selain itu, juga digunakan untuk kantihistamin,antiimpflamasi, menekan sistem saraf pusat, dan tekanan darah, serta antiperadangan.Kulit buah juga mengandung antosianin seperti cyanidin-3-sophoroside, dan cyanidin-3-glucoside.
Buah manggis juga bisa digunakan untuk mengobati diare,radang amandel, keputihan, disentri, rematik, luka/borok. Selain itu, digunakan sebagai peluruh dahak dan untuk sakit gigi. Kulit buah manggis digunakan untuk mengobati sariawan, disentri, nyeri urat, sembelit. Kulit batang digunakan untuk mengatasi nyeri perut. Akar untuk mengatasi haid yang tidak teratur.

Previous
Next Post »
Jangan ki lupa komentar di' :)