seberapa bnyak keuntungan google???



Google Inc, pemilik mesin pencari terpopuler di dunia, melaporkan penjualan dan keuntungan yang melampaui perkiraan. Pasalnya, perusahaan berhasil melebarkan sayap ke online consumer melalui pengiklanan. Bahkan, saham perusahaan yang memperkenalkan sistem operasi Android ini pun ikut terdongkrak.

Penjualan di kuartal ketiga, tidak termasuk pendapatan yang diteruskan dari situs mitra, naik menjadi US$ 7,51 miliar, tulis perusahaan yang berbasis di Mountain View, California itu di situs mereka. Angka tersebut melampaui perkiraan rata-rata analis yang dihimpun Bloomberg yaitu US$ 7,23 miliar. Frofit yang tidak termasuk beberapa indikator, sekitar US$ 9,72 per saham. Ini mengalahkan perkiraan sebelumnya yaitu US$ 8,76 per saham.

Google yang tengah prihatin dengan lemahnya perekonomian AS kini mencari cara peroleh keuntungan dengan memasarkan iklan berbiaya rendah via komputer dan smartphone. Pencarian iklan memiliki nilai pasar US$ 37,7 miliar setahun secara global, naik 23% dibandingkan tahun lalu. Selain itu, menurut lembaga penelitian MagnaGlobal, total belanja iklan online naik 20%. “Bisnis mesin pencari relatif tahan terhadap melemahnya perekonomian,” ujar Clay Moran, analis di Benchmark Co. “Bisnis pencarian itu akan relatif baik dan telah dilakukan dengan cukup baik. Apalagi, bisnis itu memperoleh keuntungan dari display dan mobile.”

Saham Google naik 7% menjadi US$ 598,43. Sebelumnya, saham perusahaan sempat naik 1,9% yang ditutup dengan anka US$ 558,99 di Bursa Saham New York. Laba bersih kuartal ketiga Google Inc naik 26% menjadi US$ 2,73 miliar atau US$ 8,33 per saham. Tahun lalu, perusahaan meraup laba bersih US$ 2,17 miliar atau US$ 6,72 per saham.

Peningkatan tersebut tidak hanya didukung oleh pertumbuhan industri secara keseluruhan tetapi juga meningkatnya profitabilitas bisnis di Google. Jumlah klik iklan online naik 28% di kuartal ketiga sedangkan biaya rata-rata per klik naik 5%. CEO Google, Larry Page, mencoba untuk menangkis persaingan dari Facebook Inc, jejaring sosial terbesar di dunia, dengan memperkenalkan media sosial Google +. Layanan tersebut kini memiliki lebih dari 40 juta pengguna, naik dari 10 juta pengguna pada Juli 2011.

“Sejak mengambil alih posisi CEO (dari Eric Schmidt), saya memusatkan banyak energi untuk meningkatkan kecepatan Google dan eksekusinya. Saat ini, kita sedang mulai melihat hasil hal tersebut,” kata Page yang memegang posisi CEO pada awal tahun ini. Page juga merekrut banyak pegawai untuk membuat perubahan. Google menambah 2.585 pekerja sehingga total pegawai sekitar 31.353 orang.
Previous
Next Post »
Jangan ki lupa komentar di' :)